Pesan-Pesan

kalau anda sedang membaca pastikan anda sedang bernafas dan dalam keadaan bisa membaca
Jason Boy. Diberdayakan oleh Blogger.

Gue adalah seorang pelajar yang masih bego-begonya dan memerlukan banyak belajar

Aku dan Sopir Angkot

Sabtu, 28 Januari 2012 | jason up

Jadi gini ceritanya...

Minggu, 29 Januari 2012. Gue ibadah pagi di gereja HKBP.

*HKBP merupakan gereja yang mayoritas emang orang batak. Ya bukan mayoritas juga sih, ya emang gereja nya orang batak. Ya begitulah intinya..*

Selesai ibadah, gue langsung pulang ke kos naik angkot.
Di dalam angkot gue duduk di sebelah sopir.
Berhubung tadi gue naik angkot tepat di depan gereja, si sopir tau kalau gue baru selesai ibadah di gereja batak.

Nah, dia langsung ngajak ngomong pake "bahasa batak".
Awal-awal gue ngerti dia ngomong apa. Nanya asal gue dari mana, tinggal dimana, kuliah dimana, dan lain-lain tentang identitas diri gue di Malang. Selama dia ngomong, gue ngejawab pake bahasa Indonesia.


Sampai akhirnya pembicaraan mulai terlihat rumit. Sampai gue sama sekali gak ngerti itu bapak ngomong apa.
Padahal secara garis keturunan, gue orang batak (meskipun lahir dan besar di Banjarmasin), tapi gue gak ngerti si sopir ngomong apaan. Seakan akan dia ngomong pake bahasa batak british. Dan gue cuma ngerti sedikit tentang bahasa batak america ._.

Sampai akhirnya si sopir ngomong pake bahasa Indonesia juga. Ternyata dia asli warga Malang, dan secara suku dia merupakan Jawa.
Dia cerita kalau pernah tinggal 7 tahun di medan. *pantes aja lancar ngomong -___-"
Dia ngerti lebih banyak tentang adat batak dari gue.



Secara tidak langsung, gue merasa gagal sebagai orang batak.
Eksistensi darah batak yang mengalir di tubuh gue patut dipertanyakan.. Hadoooohhh. kalah telak gue sama bapak sopir angkot. Malu daahhh -___________-"

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar