Pesan-Pesan

kalau anda sedang membaca pastikan anda sedang bernafas dan dalam keadaan bisa membaca
Jason Boy. Diberdayakan oleh Blogger.

Gue adalah seorang pelajar yang masih bego-begonya dan memerlukan banyak belajar

Gak Suka Sinetron

Rabu, 11 Agustus 2010 | jason up

Ketika nonton tv berantena di rumah, ane lagi nyari tayangan layak tonton, trus ane ganti-ganti channel. Dari tayangan yang ada, beberapa menayangkan sinetron. Ngeliat banyaknya sinetron di tv bikin ane malas nonton.

Berbagai alasan kenapa ane gak suka nonton sinetron sudah pernah ane bahas langsung dengan teman-teman. Berikut uraiannya :

1. Apa isi dari pada cerita sinetron? yang pasti ga jauh dari yang namanya cinta-cintaan. Semua sinetron jaman sekarang isinya sama semua.

2. Kalau cerita cinta, pemeran utamanya adalah 1 cowo dan 1 cewe, atau di tambah dengan adanya orang ke-3, ke-4, ke-5, sampai orangnya ada banyak.

3. Pemeran dalam sinetron. Biasanya ceritanya mengisahkan percintaan 2 anak orang kaya, atau 1 anak orang kaya 1 anak orang kurang mampu, atau ke 2 nya anak kurang mampu. Tapi biasanya yang paling sering adalah kisah percintaan 1 anak orang kaya dan 1 anak orang kurang mampu.

4. Ane bahas mengenai percintaan 1 anak orang kaya dan 1 anak orang kurang mampu. Jadi, kalau cowo yang jadi anak orang kaya biasanya tinggal di kota menemukan cewe pujaan hati di daerah pedesaan. Lokasi yang di pakai buat syuting paling sering adalah Kota Jakarta dan Daerah pedesaan di Bandung. Si cowo pergi dari Jakarta ke Bandung dan sesuai skenario, dia akan menemukan si pujaan hati. Kalau si cewe yang jadi anak orang kaya, biasanya menemuka si cowo pujaan hati di daerah satu kota juga.

5. Proses pertemuannya. Biasanya adalah ke2 orang ini saling bertengkar satu sama lain, karena si kaya sombong dan si kurang mampu keras kepala. Tapi, karena sering bertemu maka timbul benih ehem.ehem diantara keduanya.

6. Orang tua. Kalau cerita sinetron, pasti ceritanya selalu mendapat klimaks saat 2 sejoli ini saling memperkenalkan diri dengan orang tua masing-masing. Kalau orang kurang mampu, melihat anaknya mendapat calon menantu seorang anak orang kaya, pasti setuju-setuju aja. Tapi berbeda dengan orang tua kaya yang gak bisa terima punya calon menantu seorang anak kurang mampu. Dan biasanya yang paling mendominasi penolakan itu adalah Mama si anak orang kaya. Si Mama pasti memerankan watak yang sombong, keras kepala, memiliki gengsi tinggi, dan suka pasang mata melotot kalau di ajak ngomong baik-baik. Dan akhirnya si Mama mencarikan calon buat si anaknya dari kasta yang sama tinggi dengan keluarga mereka. Kita sebut ini sebagai munculnya orang ke-3.

7. Sikap 2 sejoli. Kalau udah gak dapat restu dari orang tua si kaya dan sudah ada orang ke-3, maka si anak kurang mampu akan mencoba pergi dari kehidupan pasangannya. Tapi karena skenario menyuruh mereka untuk terus bersama. Maka ada beberapa adegan yang akan dilakukan oleh si anak orang kaya supaya mendapat restu dari orang tuanya. Yang paling simple adalah, mencoba bunuh diri supaya si Mama mau merestui hubungannya. Seperti mencoba minum obat anti nyamuk cair satu botol penuh. Si anak orang kaya akan masuk rumah sakit, kalau dia seorang jagoan pasti bisa hidup lagi dari kondisi kritis. Tapi kalau bukan jagoan, dia pasti maksa kawin ke Mamanya, maksa supaya hubungannya direstui, si Mama pun akhirnya merestui dan menikahkan anaknya di rumah sakit itu juga. Kalau skenario berkata lain, maka si anak orang kaya akan meninggal setelah pernikahan selesai dan satu kata terakhir buat si pujaan hati adalah "Aku Cinta Kamu Sampai Akhir Hidupku" (huuueekksss >,<).

8. Hidup bahagia. Kalau skenario pengen gak ada yang mati. Udah jelas 2 sejoli akan hidup bahagia. Dan di akhir cerita akan ada tulisan di layar tv kamu yang bertuliskan, "cerita ini hanya fiktif belaka, kesamaan nama dan tokoh terjadi tanpa di sengaja dan blablablabla.."

Dari penjelasan di atas bisa di simpulkan kalau semua sinetron Indonesia itu inti ceritanya sama semua. Meskipun ceritanya dibuat berbeda-beda tapi ya gitu-gitu juga inti ceritanya. Dan ini semua cuma hasil analisis ane terhadap sinetron Indonesia.

Udah berapa banyak anak remaja yang menjadi korban sinetron. Kaya teman ane yang sedang bertengkar dengan pacarnya, di ambang antara putus atau tidak. Dia mencoba meyakinkan pacarnya dengan berlutut, bersujud, dan memasang wajah minta di gampar di hadapan si cewe dan menyebutkan kalimat kya gini, "***... ****** ********, I Love U"
Huuuuuuaaaaaa... sinetron banget gayanya nih anak. Hidup kita ini beda kaya sinetron, teman!

(maaf klo nama pacarnya di sensor dengan tulisan ****** )

Jadi, kepada para produser atau sutradara sinetron di Indonesia, sekedar kritik dan saran dari ane, buatlah sinetron yang lebih berkualitas yang lebih mendidik, karena ane sebagai penonton merasa bosan dengan tontonan sekarang ini, ceritanya mudah di tebak sih. Mungkin saja sinetron persahabatan yang ga perlu pake bumbu cinta-cintaan segala. Okeh !!!

Sebelum mengakhiri tulisan ini ane minta maaf kalau dari pembaca sekalian ada yang tersinggung dengan tulisan ini. Tujuan ane membuat tulisan ini hanya sekedar mengeluarkan semua yang ada di pikiran ane dan ane hanya ingin berbagi cerita kepada kamu semua.


Kalau Sinetron Tersanjung garapan Multivision Plus mungkin menjadi sinetron terpanjang dengan berapa episode yang sudah di tayangkan.
Lalu satu pertanyaan ane adalah cinta siapa yang gak pernah abis?


mungkin jawabannya adalah Cinta Fitri. karena ane ga tau ampe season berapa Cinta Fitri itu akan berlanjut. Hha =D

Tags: | 3 komentar

3 komentar:

Anonim mengatakan...

cihuuyy.
ternyata ada juga yang sependapat sama aku.
hhohoho

Anonim mengatakan...

ihiiiyy...:DD

yansen pa'chi style mengatakan...

cok, follow lg blog nd cok. , . , . , . , . hanyar nah
kada kece blog nd yg smlm . . . .

http://www.yansenpa-chistyle.blogspot.com

kena ku follow jw kam

Posting Komentar